Senin, 19 Mei 2014

Review "Surat Untuk Ruth"

Review kali ini saya akan membahas novel "Surat Untuk Ruth" Novel terbaru karya novelis favorite saya Bernard Batubara.

saat membuka halaman pertama, bait terakhir pada ucapan terimakasih, saya tertegun

"Selamat Membaca. Selamat Kehilangan" begitu tulisannya.

Bara memang sangat lihai dalam merangkai sebuah kata. Dan hanya pada dua kalimat terakhir pada ucapan terimakasih, saya menancapkan pandangan saya cukup lama. mungkin lebih lama dari pada saya membaca satu bab buku Bara lainnya.

Lewat tulisannya, Bara mampu mengajak saya untuk merasakan indahnya jatuh cinta, dan pahitnya ditinggalkan. Gaya penulisan yang menurut saya mempunyai cirikhas tersendiri. kalimat itu seperti berbicara 'ini loh kalimat Bara. bukan penulis yang lain"

Bara kembali dengan cerdas mengutarakan pendapatnya tentang konsep sayang. tentang konsep cinta. mengingatkan saya tentang novelnya sebelum ini yang berjudul "Kata Hati" Pada novel itu bara menggambarkan bahwa sebenarnya cinta tidaklah selalu Putih ataupun selalu Hitam. tetapi cinta itu abu-abu. samar. tidak ada yang benar-benar putih, ataupun benar-benar hitam.

Dalam novelnya kali ini Bara menyampaikan cerita dengan cara yang berbeda. bara menulis dalam bentuk surat yang sangat manis. sem[at muncul pertanyaan dibenak saya, Siapa Ruth? kok ada senja juga? apakah ada kaitannya dengan Milana? setelah membaca semua itu, akhirnya saya mengerti, Bagaimana akhirnya muncul pernyataan "gadis penunggu senja Di jembrana"

saya kembali terkesan dengan Julukan Perepmuan Victorinox yang dapat bara temukan dan menguatkan lagi karakter Ruth dalam novel ini. Hingga mengingatkan saya tentang cinta pertama Bara yang ditulisnya dalam sebuah buku kumpulan cerpen "Cinta Pertama" yang berjudul "Didalam Mata Dila"

pada bab Kapal Yang Terbakar Senja, mengingatkan saya kembali pada cerita Milana membuat saya menerka-nerka... apakah memang ini adalah alasan perempuan itu menjadi penunggu senja

bicara masalah Senja, Bara memang penulis yang gemar menuliskan keindahan senja. dan pada akhirnya sekarang saya memang Jatuh cinta dengan Senja, itu karena kamu Bara.

pada Bab Ada yang Luput di Keheningan Ubud, saya kembali terdiam. bagaimana bisa seseorang mengatakan cinta pada saat Ia harus melepaskan cintanya. saya gemas bukan main. saya seolah ingin berteriak "Hei Ruth, ikuti kata hatimu! Are mencintaimu".

dan pada bab Rahasia, badan saya ikut gemetar membayangkan apa yang sudah dilakukan oleh Ruth. saya merasakan kepedihan seorang gadis yang harus melepas Cintanya hanya karena satu kata "Demi Mama"

Bara mampu membalikan dunia saya, menyedot saya kedalam cerita bagaimana kisah Are dan Ruth yang saling mencinta tetapi terluka karena tidak bisa bersama.

bagaimana Bara mampu membuat imajinasi saya berkembang bebas karena deskripsi mendetail dari novel ini.

Dan pada Bab terakhir, akhirnya pertahanan saya Runtuh. Memoar Are yang dituliskan untuk Ruth menjelang hari "paling mengerikan sedunia" baik bagi Ruth ataupun Areno mampu membuat kornea mata ini memproduksi airmata yang diluar kendali. padahal saat itu saya sedang dalam kelas Advance Financial Methodologi Reaserch. bisa dibayangkan betapa malunya saat teman sebelah bertanya "Kamu kenapa?" dan saya hanya menunjukan buku ini, dengan halaman yang basah. teman saya hanya menggelengkan kepalanya pelan, lalu kembali mengerjakan jurnalnya. sedangkan saya melanjutkan kembali sensai sakit hati yang masih saja terus berjalan. seolah saya ingin bilang "Areno Adamar, saya disini, untuk kamu." haha





disini saya hanya akan menambahkan 1 Maaf, dan 1 Terimakasih bara. Terimakasih sudah menuliskan kisah dengan sangat Romantis

Maaf, Aku tak suka buku ini. karena aku, Kembali Jatuh yang teramat dalam, untuk kesekian kali.

Sincerly

Ayu Setioardi
Orang yang kau buat jatuh untuk kesekian kali, karena bukumu

1 komentar:

  1. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    BalasHapus